Program JATIM PUSPA di fokuskan untuk peningkatan pendapatan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam pemulihan dampak wabah Covid-19. Program JATIM PUSPA diprioritaskan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan tingkat kesejahteraan 8-12 % terendah berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia pada 15 Kabupaten kantong kemiskinan. Selain itu Program JATIM PUSPA juga ditujukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Graduasi Mandiri Sejahtera Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial.

Program yang dirancang khusus untuk Mengoptimalkan dan Mengefektifkan Program Penanggulangan Kemiskinan Perdesaan Melalui kegiatan Pemberdayaan bagi KPM dengan memberikan Fasilitas bantuan dan pendampingan ini bertujuan untuk Membantu Meningkatkan Pendapatan KPM, membantu memulihkan ekonomi, memberikan akses interaksi dan pendampingan terhadap KPM serta mendorong motivasi usaha dan skill.

Sosialisasi Jatim Puspa Kabupaten Bondowoso dilaksanakan oleh Dinas PMD setempat pada hari Rabu (07/04/2021) di Sabha Bina Praja Pemda Bondowoso, dipimpin dan dibuka oleh Asisten III (Wawan Setiawan, SH, MH) di dampingi oleh Kadis PMD (Haeriah Yuliati, S.Sos, MM), Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat (Hera Kurnia Agustin, SE) serta Perwakilan dari DPMD Propinsi Jatim, disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang terdiri dari Pendamping Desa, Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Camat dan Kepala Desa penerima bantuan.

“saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terkait Kegiatan Jatim Puspa ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, saya berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara maksimal walaupun kita masih dalam suasana melawan pandemi Covid-19, tentunya dengan selalu menjaga Protokol Kesehatan agar kita dan orang sekitar kita tetap terlindungi dari virus ini” sambut Wawan dalam Pembukaannya.

perlu diketahui bahwa Program JATIM PUSPA ini merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Penanganan Dampak Covid-19 untuk meningkatkan pendapatan masyarakat terdampak sehingga dapat pulih dan meningkat ketahanan sosial dan ekonominya. Di Kabupaten Bondowoso sendiri pada Tahun 2021 Program Jatim Puspa menggelontorkan dana sejumlah Rp. 866.875.000,- yang tersebar di 9 Desa pada 5 Kecamatan.